08
Des

Tips Membangun Rumah Kecil Agar Tetap Nyaman

Tips Membangun Rumah Kecil Agar Tetap Nyaman

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorKatanya, tidak ada rumah yang terlalu kecil, tetapi kebahagiaan penghuni rumahnya yang terlalu besar. Untuk itu, ukuran rumah bukan harga mati membangun rasa nyaman para penghuninya. Anda yang hanya memiliki lahan 36 m2 bisa membangun rumah yang lebih nyaman dan membuat Anda dan keluarga mager saat sudah berada di dalam rumah kecil daripada rumah dengan lahan luas. Berikut ini tips membangun rumah kecil agar tetap nyaman.

  • Kecil Namun Fungsional

Ketika kita membayangkan sebuah rumah yang besar, maka apa yang biasanya ada di benak kita? Apakah adanya banyak ruang yang bisa menampung banyaknya barang dan juga perabot? Ya, jika memang anda sudah mampu untuk mewujudkannya tentu bukanlah sebuah masalah. Namun jika anda masih belum mampu untuk mewujudkan sebuah rumah yang besar, mulailah untuk menata rumah kecil anda terlebih dahulu.

Dalam membangun rumah yang kecil, maka coba anda hilangkan dulu pikiran untuk menyimpan banyak barang pada rumah anda nanti. Adanya banyak barang yang disimpan pada rumah anda justru hanya akan membuat rumah kecil anda terasa sempit. Sebaiknya sumbangkan saja barang yang memang tidak perlu. Hanya gunakanlah perabot yang memang anda sukai, tidak perlu merasa sayang untuk membuang yang lama dan tak layak pakai.

Lalu coba hitung anggota keluarga anda, beserta anda tentunya. Ada berapakah jumlah anggotanya? Secara hitung-hitungan, rumah seluas 200 meter persegi sudah cukup nyaman untuk ditinggali sebuah keluarga yang jumlahnya dibawah 6 orang. Jika anda merupakan sebuah keluarga kecil, maka tentunya anda tidak akan terlalu membutuhkan ada banyak ruang dalam rumah anda. Cobalah untuk membangun rumah anda tetap simpel, tanpa ada banyak ruang yang tidak perlu. Dalam tips membangun rumah kecil, maka anda harus bisa menjadikan ruangan yang ada menjadi fungsional, dimana mampu berfungsi secara maksimal. Dan untuk bisa menjadikan ruangan tersebut memaksimalkan fungsi dan juga kenyamanannya, maka tentunya anda harus menjaga ruangan tersebut tetap bersih dari berbagai brang dan juga perabotan berlebih.

  • Jaga Agar Tetap Simpel

Dalam membangun rumah kecil agar tetap nyaman, maka anda harus mengerti beberapa kaidah yang berlaku untuk bisa tetap menjadikan ruangan yang kecil menjadi nyaman. Salah satunya adalah menjadikannya tetap terkesan lega dan lapang, tanpa adanya berbagai macam hal yang tidak perlu.

BACA JUGA  Sebelum Beli Plafon PVC, Pahami Hal Ini Dulu

Kalau begitu, maka yang bisa anda lakukan andalah menjaga bentuk rumah anda menjadi tetap simpel. Dalam membangun, hindarilah berbagai kerumitan, yang mana selain menambah adanya biaya, justru malah membuat rumah kecil anda menjadi nampak kacau dan berantakan.

Bentuk kotak dan garis atap yang datar rasanya masih menjadi pertimbangan terbaik yang bisa anda coba pikirkan. Dengan desain dan bentuk yang sederhana dan simpel, nantinya mampu memberikan perspektif ruang yang luas dan juga lega, dimana pastinya akan menambah unsur kenyamanan yang ada. Jadi untuk apa membangun rumah yang tampak rumit? Untuk apa mendapatkan pujian dari sekitar, namun membuat diri sendiri tidak nyaman? Tetap jadikan simpel, dan rasakan kenyamanannya!

  • Atur Ruangan Dengan Konsep Terbuka

Pada sebuah rumah yang kecil, maka dipastikan berbagai ruangan yang ada pun luasnya tidak terlalu besar. Lalu bagaimana caranya agar menyulapnya menjadi besar? Tidak adakah cara untuk mensiasatinya agar ruangan yang ada menjadi nampak lega dan lapang? Tenang, semua itu bisa diatasi dengan adanya konsep terbuka atau open plan.

Lantas apa yang dimaksud dengan konsep terbuka atau open plan? Yang dimaksud dengan open plan secara garis besarnya yaitu dengan mengurangi atau meniadakan pembatas antar ruangan yang berbeda fungsinya. Biasanya yang akan dihilangkan yaitu pembatas vertikal atau dinding ruangan, sehingga menjadikan beberapa ruangan yang berbeda fungsinya jadi nampak sebagai satu kesatuan yang luas dan juga lapang.

Seperti pada contoh gambar diatas misalnya. Anda akan melihat adanya konsep open plan dimana ada beberapa fungsi ruang disitu, seperti dapur, ruang makan, ruang bersantai, dan juga ruang baca. Coba bayangkan jika anda harus menyekat berbagai ruangan tersebut dengan dinding? Pastinya akan terasa sangat sempit sekali luas tiap ruangannya. Jelas tidak akan membuat anda menjadi nyaman saat menggunakannya. Namun dengan memakai konsep terbuka, dimana menjadikan semuanya menjadi tanpa batas, maka ruangan anda menjadi terasa sangat lega dan lapang. Pastinya akan jauh lebih nyaman dan juga menyenangkan bukan untuk beraktivitas di dalamnya?

  • Jadikan Luas Dengan Pengaturan Yang Tepat

Ketika belum mampu membangun rumah yang besar, lantas haruskah pasrah dengan keadaan dimana ruangan yang ada terasa kecil dan kurang luas? Jika anda merasa ruangan pada rumah anda terasa sangat kecil, maka itu menandakan ada yang keliru dalam penataannya. Cobalah untuk atur agar ruangan anda berfungsi secara maksimal, tanpa lagi merasakan sempit saat anda berada di dalamnya.

BACA JUGA  4 Jenis Kursi Tamu Cocok Untuk Desain Rumahmu

Untuk anda yang feminim mungkin sudah mengerti akan ilusi ini, dimana garis vertikal pada pakaian membuat penggunanya seolah menjadi lebih tinggi. Nah kenapa tidak anda coba terapkan saja pada ruangan anda? Anda bisa mencoba mengaplikasikan cat lantai, karpet, dan lain sebagainya untuk membuat pola seperti di atas ini. Dengan adanya pola seperti di atas, maka mampu membuat kesan ruangan yang jadi lebih panjang ataupun lebar, tergantung bagaimana anda menerapkannya.

Lantas yang berikutnya hal apa yang biasanya membuat ruangan menjadi terkesan sempit? Hmm, biasanya itu terjadi karena anda keliru dalam menempatkan perabotan. Adanya perabotan yang terlalu banyak, hanya akan menjadikan ruangan anda semakin sempit dan kurang nyaman.