05
Apr

Tips Membuat Desain Rumah Minimalis Yuk Simak Disini

Tips Membuat Desain Rumah Minimalis Yuk Simak Disini

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor –  Akhir-akhir ini rumah minimalis tengah menjadi tren bagi siapa saja yang ingin membuat tampilan di hunian terbarunya.Konsep minimalis yang sangat mengedepankan nilai fungsional dan kesederhanaan tentunya akan membawa pengaruh pada penghematan tempat dan biaya yang lebih efisien. Tak hanya itu saja ternyata biaya dari segi perawatannya pun pasti jauh lebih murah.

1. Bersih dan rapi

Menjaga kebersihan dan kerapian rumah merupakan syarat wajib jika kamu sudah yakin memilih sekaligus menjadikan minimalisme sebagai gaya hidup. Nah, agar sejalan dengan tujuan ini, kamu perlu membuat desain rumah minimalis yang dilengkapi dengan tempat-tempat penyimpanan di semua ruangan.

Coba deh sematkan beberapa tempat penyimpanan yang besar untuk bagian dapur. Pasalnya, dapur sebagai pusat aktivitas berat di rumah seringkali malah jadi tempat yang paling tak terhindarkan dari keruwetan.

Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu tidak membuat banyak dinding pembatas ruangan. Bakal lebih baik lagi, jika dapur terintegrasi dengan ruangan lain seperti halnya ruang makan ataupun ruang tamu.

2. Desain cenderung geometris

Desain Rumah Minimalis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sesuai dengan maknanya, minimal berarti kurang atau paling sedikit. Tak heran jika gaya rumah minimalis umumnya berbentuk geometris, yaitu kotak tanpa pelana atau perisai maupun kubus. Di bidang arsitektur, gaya minimalisme ini dicetus oleh De Stijl dan Bauhaus pada era 1920-an.

Bauhaus mempromosikan produksi massa serta perpaduan seni dan kerajinan teknologi. Sementara, De Stijl memilih mengedepankan abstraksi dan mengurangi ornamen untuk kembali ke esensi bentuk serta warnanya.

BACA JUGA  Ingin Taman Minimalis di Dalam Rumah? Perhatikan Hal Ini!

Perlu kamu ketahui, bentuk geometris ini merupakan bentuk dasar rumah atau bangunan yang dikenal sejak berpuluh tahun silam. Adapun alasan mengapa atap datar dipilih, karena atap ini lebih cepat dibangun untuk sekelompok hunian yang dibuat secara massal.

3. Desain yang selalu memaksimalkan keadaan

Desain Rumah Minimalis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ketersediaan lahan sempit ataupun berlebih sebenarnya bukan halangan yang tak bisa diatasi untuk rumah bergaya minimalis. Kamu hanya perlu ingat, apa yang terlintas di dalam benak dalam merespon kondisi lahan tersebut. Kamu bisa meminta bantuan arsitek profesional jika masih bimbang dengan apa yang mesti dibangun di atas lahan.

Karakter geometris rumah minimalis sebenarnya memiliki keuntungan tersendiri. Salah satunya adalah memiliki banyak fungsi yang bisa diciptakan di atas atap datarnya, misalnya teras atau bahkan kolam untuk sekadar berendam. Namun, kamu tetap harus memperhatikan kualitas dan perawatannya agar tidak terjadi kebocoran.

4. Pentingnya kohesifitas

Desain Rumah Minimalis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kohesifitas adalah satu hal penting dalam desain rumah minimalis agar tercipta kesinambungan antar elemen dengan cara yang sederhana. Kamu bisa mengusahakan agar potongan elemen dalam tiap ruangan tidak terlihat tumpang tindih, tampak sama, tidak terlalu banyak detil dan juga warna.

Kamu bisa membuat tempat penyimpanan yang sengaja ditata mengelilingi ruangan dengan bentuk geometris sederhana dan serba lurus. Agar tampak saling melengkapi, furnitur lain di ruangan itu sebaiknya juga memiliki bentuk geometris serupa.

Kamu juga bisa mempertimbangkan adanya tempat penyimpanan dinding geometris untuk menciptakan keterkaitan antara interior dan eksterior rumah yang serba geometris.

BACA JUGA  Tips Mudah Membangun Rumah Bersama Architect

5. Mengutamakan kualitas furniture

Desain RUmah Minimalis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tak sedikit orang yang kalap dalam membeli furnitur hanya karena tak ingin ketinggalan tren. Jika kamu adalah salah satu di antaranya, maka kamu harus memahami lagi prinsip desain rumah minimalis yang justru sebaliknya. Kamu wajib memikirkan secara matang, benda apa saja yang bakal dimasukkan dan ditata dalam ruangan sebelum membeli furnitur.

Akan lebih bijaksana, jika furnitur yang kamu pilih memiliki model abadi di tengah tren-tren yang mungkin tengah digemari. Pilih bahan yang jelas tahan lama, tapi tidak menyulitkanmu jika suatu saat akan dipindahkan ke tempat berbeda.

Seperangkat meja makan beserta kursi dengan gaya klasik modern sudah cukup manis menghiasi ruang makanmu dengan paduan warna kontras yang elegan. Pilih warna hitam dan putih karena memiliki kesan abadi dan paling mudah dipadukan dengan warna lain.

6. Bermain pola

Desain Rumah Minimalis

Meski kesederhanaan adalah prinsip utama dalam desain rumah minimalis, tapi bukan berarti kamu tidak bisa mengaplikasikan pola ke dalamnya. Pola apapun bisa kamu aplikasikan pada elemen dekorasi, furnitur, atau jadi bagian dari ruangan tersebut.

Namun, kamu tidak boleh sembarangan memilih polanya. Pola paling cocok untuk rumah minimalis adalah pola yang tidak rumit, memiliki warna senada, dan jauh dari kesan mendominasi ruangan.

7. Desain tidak mencolok

Desain Rumah MInimalis

Minimalis adalah tentang kesederhanaan, maka jangan lupa merealisasikan filosofi ini saat kamu merancang desain rumah bergaya satu ini. Gunakan warna putih sebagai warna utama pada interiornya. Mulai dari warna dinding, atap, lantai, sampai furnitur.

Pasalnya, warna putih identik dengan awal baru, kesehatan, hingga kesucian. Jadi, kamu tak perlu khawatir bakal jenuh akibat pengaplikasian warna putih di seluruh interior rumah.

BACA JUGA  10 Inspirasi Desain Kamar ala Drama Korea Ini

Jika kamu ragu, kamu boleh kok menambahkan penempatan obyek berwarna kontras dalam desain rumah minimalis. Namun tetap perhatikan prinsip dasarnya, ya. Obyek yang dimaksud sebaiknya bersifat fungsional, misalnya kursi berwarna kuning terang atau pagar pengaman dari logam bercat hitam.