17
Des

Tips Membuat Home Theater di Rumah

Tips Membuat Home Theater di Rumah

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorJika kalian pernah memimpikan mempunyai home theater sendiri di rumah, yang begitu besar dan megah, nampaknya di era yang serba canggih seperti sekarang ini semua bisa kamu wujudkan. Memimpikan mempunyai home theater berkelas, sekarang bukan lagi sebuah angan-angan saja. Berikut ini tips membuat home theater di rumah

1. Manfaatkan Ruang

Jika rumah Anda punya ruang tak terpakai atau garasi yang tak pernah digunakan, Anda bisa mengubahnya menjadi ruang khusus untuk menonton.

Anda juga bisa memanfaatkan kamar tidur tamu atau gudang yang memiliki ruang tertutup dan minim pencahayaan sinar matahari.

2. Perhatikan Cahaya

Seperti yang sudah dibahas di poin pertama, penggunaan ruang yang tertutup dan minim cahaya sangat penting. Tujuannya agar ruangan menonton lebih terlihat maksimal.

Usahakan memiliki ruang dengan jendela sedikit atau kecil. Hal ini bertujuan agar meminimalkan adanya distorsi akibat cahaya.

3. Dinding

Penggunaan dinding yang kedap suara paling baik untuk menciptakan ruangan menonton di rumah. Namun, dinding biasa pun bisa Anda maksimalkan.

Kurangi perabot kaca yang dapat memantulkan suara atau dapat mengganggu suara. Pilih warna dinding gelap untuk menciptakan ruang yang mirip studio.

4. Pemasangan Speaker

Ada banyak hal yang harus dipikirkan ketika merancang sistem suara. Misalnya, berapa banyak speaker yang dibutuhkan. Hal ini tentu saja akan berdampak pada kualitas suara.

5. Desain

Desain yang nyaman sangat diperlukan untuk menciptakan studio sendiri dirumah. Penempatan kursi, tempat camilan, dan sebagainya harus diatur dengan sedemikian rupa.

Anda juga bisa menambahkan karpet di dalam ruangan. Sleain menambah kesan nyaman dan hangat, karpet juga membantu menahan kebisingan dan mencegah gema.

BACA JUGA  Desain Dinding Rumah Minimalis Terkini