26
Okt

Tips Memilih Perumahan Bukan Asal Harganya Murah

Tips Memilih Perumahan Bukan Asal Harganya Murah

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor Memiliki rumah sendiri hampir menjadi impian bagi semua orang, terutama bagi mereka yang sudah berkeluarga. Namun untuk mendapatkan hunian yang aman dan nyaman untuk ditempati seluruh anggota keluarga terkadang harus terkendala masalah biaya. Hal ini memang wajar, untuk mendapatkan suatu rumah perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar. Sehingga tak jarang, beberapa orang memutuskan untuk menabung terlebih dahulu agar bisa membeli rumah atau ada juga yang membeli rumah namun dengan cara kredit. Jika Anda berada pada kondisi yang demikian, alternatif lainnya yang bisa dipertimbangkan adalah dengan membeli perumahan murah.

1. Mulailah dengan Cari Info Sebanyak-Banyaknya Tentang Perumahan

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mencari info tentang perumahan. Caranya bisa dengan mengumpulkan brosur perumahan yang sering dibagikan di pusat perbelanjaan. Bisa juga browsing di internet, perumahan apa saja yang ada di lokasi yang kamu pilih. Semakin banyak info yang kamu kumpulkan, maka akan semakin banyak pilihan perumahan sebagai alternatif.

Sebelum memutuskan perumahan mana yang paling ideal untukmu, kamu jadi tau standard perumahan yang ditawarkan. Kamu juga bisa membandingkan satu perumahan dengan perumahan lainnya.

2. Lakukan Survei ke Kawasan Perumahan

Sudah mengumpulkan banyak info, pasti ada beberapa perumahan yang jadi favorit. Membeli properti pasti tidak lengkap kalau tidak melihat secara langsung. Pastikan untuk melakukan survei ke lokasi yang disukai terlebih dahulu. Bahkan sebelum kamu membuat janji dengan pihak pengembang atau marketing perumahan.

Apa yang kita lihat di brosur atau di internet mungkin bisa berbeda dari kondisi aslinya. Supaya tidak salah pilih perumahan, survei langsung wajib kamu lakukan.

3. Pertimbangkan Lokasi Perumahan

Setelah kamu lakukan survei, coba lihat lokasinya. Lokasi adalah pertimbangan utama saat hendak membeli properti. Hal ini berkaitan dengan akses transportasi, fasilitas umum yang ada di sekitar perumahan, lingkungan perumahan tersebut, hingga prospek kedepannya.

Kebutuhan setiap orang memang berbeda-beda. Namun pastikan setidaknya perumahan dekat dengan fasilitas kesehatan dan supermarket atau pasar. Hindari perumahan yang dekat dengan kawasan Industri atau SUTET.

Fasilitas lain seperti sekolah, universitas, pusat perbelanjaan besar, dan lain-lain juga bisa menjadi pertimbangan. Ketahui apa yang kamu butuhkan di sekitar rumah sebelum memilih perumahan.

4. Cek Kredibilitas Developer

Ditawari rumah dengan harga lebih murah tapi fasilitas mewah? Harganya jauh lebih rendah dari perumahan lain di lokasi yang sama? Jangan langsung 100% percaya. Lebih baik berhati-hati daripada terlanjur salah pilih.

Properti adalah barang mewah. Karena itu jika ditawari harga murah yang jauh dari standar tentu cukup aneh, bukan? Sebaiknya cek kredibilitas developer perumahan yang dipilih. Jangan sampai memilih developer bodong.

5. Bandingkan Perumahan di Lokasi yang Sama

Tips memilih perumahan berikutnya adalah membandingkan perumahan di lokasi yang sama. Baik itu dari segi harga maupun fasilitas yang ditawarkan. Hal ini hanya bisa kamu dapatkan bila kamu punya info dan survei langsung.

6. Ketahui Konsep Perumahan

Saat melakukan survei, cari tau mengenai kinsep perumahan yang kamu pilih. Setiap perumahan memiliki konsep yang berbeda. Misalnya saja ada konsep minimalis, modern, atau klasik. Pilihlah konsep yang paling sesuai dengan seleramu dan keluarga.

Tinggal di lingkungan dengan konsep yang kita suka juga akan membawa kepuasan tersendiri. Kita akan lebih nyaman karena berada di lingkungan yang sesuai selera.

7. Pastikan Lingkungan di Sekitar Perumahan Bersih

Kebersihan sangat penting untuk kesehatan dan kenyamanan kita dan seluruh anggota keluarga. Saat survei, jangan lupa memeriksa hal ini. Bisa dimulai dengan mengetahui tempat pembuangan sampah dan saluran air di perumahan tersebut. Jangan lupa juga cek selokannya.

8. Cek Fasilitas Apa Saja yang Ditawarkan

Kelebihan tinggal di perumahan adalah fasilitas yang bisa didapat penghuninya. Pastikan fasilitas di perumahan sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Misalnya keamanan, tempat ibadah, tempat bermain anak, dan lain sebagainya.

Jika suka berolahraga, perumahan dengan fasilitas olahraga sendiri tentu menjadi penting. Pilihlah perumahan dengan fasilitas yang paling sesuai dengan kebutuhanmu dan keluarga.

9. Cek Sistem Keamanan

Faktor keamanan sangat penting untuk kenyamanan seluruh anggota keluarga. Pastikan perumahan yang dipilih memiliki sistem keamanan yang baik. Bagaimana cara kerja petugas keamanan di perumahan, apakah ada CCTV, dan lain-lain.

Ada juga perumahan yang tidak menyediakan fasilitas ini, harganya pun lebih murah. Namun, tentu akan terasa lebih aman dan nyaman jika perumahan dilengkapi dengan sistem keamanan yang baik.

10. Cek Kualitas Bangunan

Sudah menjatuhkan pilihan pada beberapa perumahan yang favorit? Saatnya mengecek kualitas rumah di perumahan tersebut. Rumah dengan kualitas baik biasanya harganya lebih tinggi. Namun tetap saja potensi kecurangan tetap ada.

Karena itu penting untuk melakukan survei langsung. Pastikan perumahan menawarkan rumah dalam kondisi yang baik dan aman. Bukan dibangun dengan kualitas asal-asalan.

11. Pertimbangkan Garansi Kerusakan Rumah

Biasanya perumahan menawarkan garansi untuk jangka waktu 3 bulan. Memang tidak lama. Tapi jika dalam kurun waktu 3 bulan itu ada kerusakan pada rumah, pembeli bisa memanfaatkannya.

Misalnya saja ada dinding retak, atap bocor, dan lain-lain. Jadi pastikan tips memilih perumahan yang satu ini kamu dapatkan, pilih perumahan yang punya garansi.

12. Pastikan Status Rumah

Pada umumnya perumahan menawarkan dua status rumah. Yang pertama adalah rumah huni yang sudah siap ditempati. Yang kedua adalah rumah inden yang harus dibangun terlebih dahulu. Jadi pembeli hanya memilih lokasi yang tersedia di site plan.

Rumah inden membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa ditempati. Jadi, pastikan terlebih dahulu status rumahnya dan kebutuhan kamu.

13. Perhatikan Posisi Rumah dari Sisi Mata Angin

Karena lahan semakin sempit, perumahan modern terkadang berdiri di lahan yang kecil. Bahkan ada perumahan yang hanya terdiri dari 1 deret saja. Nah, terkadang posisinya tertutup dari sinar matahari.

Bagi beberapa orang ini bisa menjadi masalah. Karena rumah yang mendapat sinar matahari cukup dianggap lebih baik. Namun bagi sebagian yang lain, hal ini tidak menjadi masalah. Jadi pilih arah rumah yang sesuai kebutuhan masing-masing.

14. Pastikan Perumahan Ramah Lingkungan

Jika lingkungan sekitar rumah asri dan hijau, tentu akan lebih nyaman dan sehat, kan? Karena itu banyak perumahan yang menawarkan konsep eco-friendly. Tapi, eco-friendly tidak terbatas pada ruang hijau saja.

Perhatikan juga apakah perumahan yang dipilih memiliki desain rumah dengan cahaya dan dan aliran udara alami yang baik. Material bangunan yang bersertifikat eco-friendly juga menjadi nilai plus.

15. Cek dengan Baik Sistem Pembayarannya

Setelah semua poin sudah cocok dengan selera, saatnya menanyakan sistem pembayaran. Hal ini tentu sangat penting. Kita bisa memilih cara membayar dan mengukur kemampuan membayar kita. Jangan sampai ke depannya kita menjadi kesulitan dalam melunasi cicilan rumah.

Pada umumnya, ada 3 sistem pembayaran rumah, yaitu Kredit Pemilikan Rumah (KPR), tunai (hard cash), dan tunai bertahap (cash installment). Pilihlah yang sesuai dengan kemampuanmu dan keluarga.