17
Des

Tips Mempercantik Dapur Dengan Motif Tegel

Tips Mempercantik Dapur Dengan Motif Tegel

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorSekarang bukan lagi zaman dapur tampil kotor dan kumuh plus tidak lagi ditunjukkan kepada orang lain.  Dapur baik dapur kotor atau dapur bersih memang digunakan untuk memasak atau menyajikan makanan.  Namun, dapur yang memiliki tampilan bagus tentunya akan menjadi idaman setiap pemilik rumah. Orang sudah memperlihatkan dapur keren di rumahnya kepada tamu baik saudara atau teman yang datang. Apalagi saat ini banyak rumah yang memiliki konsep terbuka yang menyatukan tiga ruang sekaligus.  Berikut ini tips mempercantik dapur dengan motif tegel.

Backsplash Dapur

Saat ini backsplash atau dinding dapur kebanyakan dibiarkan polos begitu saja. Yaitu hanya berupa dinding biasa yang dilapis dengan cat. Padahal pada saat proses memasak, cipratan minyak, uap air yang keluar dari proses memasak, lama kelamaan akan membuat dinding ini menjadi kotor dan kusam. Karena cat bukanlah bahan yang mudah dibersihkan, dinding dapur pun jadi terlihat menghitam. hal ini jelas sangat menurunkan nilai kecantikan dan kenyamanan pada dapur.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk mencegah hal itu terjadi? Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengubah dinding yang tadinya biasa saja menjadi dinding dengan lapisan yang mampu meningkatkan nilai kebersihan pada dapur. Beragam material pelapis yang bisa digunakan antara lain keramik, mozaik, stainless steel, kaca, dan yang terbaru ialah tegel, yang berfunsi untuk menjaga tingkat kebersihan dan juga mewarnai dinding dapur yang kita kenal juga dengan nama backwall ini. Dengan adanya berbagai macam pilihan material ini, maka akan membuat backsplash tidak lagi hanya berfungsi sebagai penahan cipratan minyak dan uap air saja, namun juga berperan sebagai salah satu elemen penambah keindahan serta kecantikan pada kitchen set dan dapur.

BACA JUGA  Perpaduan Cat

Jika anda memilih tegel, maka yang perlu anda ingat adalah bahwa material ini dibuat dengan proses handmade. Dimana ukurannya tidak sama atau tidak presisi antar satu dengan yang lainnya. Kemudian, nat antara tegel tentu menjadi lebih besar, kemudian ada kemungkinan juga terdapat bagian yang gompal di sisi-sisinya. Akan tetapi, justru sifat-sifat inilah yang akan kita manfaatkan untuk mempercantik dapur kita dengan adanya keunikan yang dimiliki material ini.

➣ Susunan Acak

Anda bisa menggunakan pola tegel dengan susunan acak seperti pada gambar diatas. Dengan adanya pola susunan yang acak, maka ruangan dapur anda akan memiliki nilai keindahan tersendiri walaupun tidak memiliki luas yang cukup besar. Pola susunan acak mampu memberikan kesan yang berbeda pada damur mungil anda.

➣ Kombinasikan Dengan Warna Putih

Jika anda hendak mengubah backsplash dapur anda menjadi lebih menarik dengan adanya pola yang cukup mecolok, maka anda bisa mengkombinasikannya dengan tema putih yang ada pada sekeliling ataupun pada kitchen island anda. Dengan adanya kombinasi warna polos, tentunya hal ini akan menjadikan ruangan dapur anda menjadi semakin cantik tanpa terkesan adanya ruangan yang cukup ramai akan corak motif. Dengan paduan kombinasi yang tepat maka anda tidak perlu takut jika ingin menjadikan backsplash anda kaya akan motif sesuai selera anda.

➣ Menciptakan Kesan Berwarna

Pada dapur anda yang memiliki gaya minimalis ataupun polos, maka penggunaan backsplash tegel pada ruangan dapur anda akan menambah gaya tersendiri. Kehadiran backsplash ini akan mampu menciptakan kesan yang lebih berwarna pada dapur polos anda. Backsplash dengan motif biru ini tentunya akan membuat ruangan dapur anda menjadi lebih segar dimana akan membantu untuk menambah daya kreasi sang juru masak pada ruangan dapur tersebut.

BACA JUGA  Karpet Sebagai Pemanis Interior Rumah

➣ Berikan Finishing Pencahayaan

Backsplash motif tegel pada ruangan dapur anda tentunya akan semakin menarik dengan tambahan pencahayaan yang tepat. Jika kita perhatikan gambar diatas, jelas sekali kita bisa melihat sebuah ruangan dapur yang memancarkan aspek kehangatn dan juga kenyamanan. Perpaduan corak motif tegel pada backsplash dan juga pencahayaan kuning temaram mampu merefleksikan adanya kesan kehangatan pada ruangan dapur tersebut. Pada sebuah dapur yang hangat dan juga nyaman, maka tentunya akan ada banyak sekali kreasi menu masakan yang bisa tercipta dengan optimal bukan?

➣ Sebagai Sentuhan Aksen

Pada gambar diatas, motif tegel pada backsplash berfungsi sebagai sentuhan aksen yang cantik. Berpadu dengan keramik polos yang berada pada sekelilingnya, akan sangat cocok untuk diaplikasikan bagi anda yang menginginkan sebuah gaya minimalis namun tetap menghadirkan sebuah kecantikan. Sentuhan aksen disini tentunya akan mampu menghadirkan sebuah nuansa kenyamanan tersendiri pada ruangan dapur anda.

➣ Backsplash Dengan Aneka Motif

Bagi anda yang memiliki jiwa kreatifitas tinggi, maka nilainya akan sangat cocok untuk anda terapkan pada backsplash ruangan dapur anda. Anda bisa menyulap ruangan dapur yang tadinya biasa saja menjadi sebuah ruangan dapur yang memiliki nilai seni tinggi. Dengan adanya perpaduan tegel motif beraneka corak dan warna. Dengan komposisi yang tepat, anda tidak perlu ragu ataupun takut dapur anda akan terkesan menjadi ramai. Ingatlah selalu untuk menyelaraskan kreasi backsplash anda dengan kombinasi warna atau motif yang tidak terlalu mencolok pada bagian sekelilingnya. Dengan adanya backsplash dapur yang semarak pada ruangan dapur anda. Tentunya akan semakin menjadikan momen memasak anda bersama keluarga tercinta menjadi jauh lebih menyenangkan.

BACA JUGA  Pilihan Warna Cat Rumah Sederhana, Tampilan Rumah Tetap Menarik