26
Okt

Tips Menyimpan Sepatu Agar Bebas Bau dan Tetap Awet Kualitasnya

Tips Menyimpan Sepatu Agar Bebas Bau dan Tetap Awet Kualitasnya

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorHampir sama dengan pakaian, sepatu juga merupakan hal wajib dalam menunjang penampilan. Hanya saja, kadang kelalaian kita dalam menyimpan sepatu justru membuatnya cepat rusak. Kalau sepatu rusak, pastinya kita menjadi tidak pede di kantor, dong? Nah, agar hal tersebut tidak kejadian,Anda bisa mencoba tips menyimpan sepatu agar tetap awet.

Bersihkan Sepatu dengan Benar

Sepatu harus tetap bersih agar awet dan tidak bau. Tapi, kamu harus tahu masing-masing jenis sepatu karena punya trik tersendiri untuk membersihkannya.  Untuk sepatu kulit, kamu bisa membersihkan noda-noda pada pantofel atau boots dengan menyikatnya secara perlahan.

Kamu cukup membuat campuran dari cairan air hangat dan dengan sabun pencuci piring, kemudian celupkan kain lembut dan usap-usapkan perlahan ke permukaan luar bagian sepatu. Selanjutnya, kamu tinggal bersihkan sisa-sisa cairan sabun dengan air hangat menggunakan kain yang lembut.

Keringkan dengan handuk, dan biarkan beberapa saat terkena angin. Kalau sangat kotor, kamu bisa campurkan larutan sabun dengan menambahkan sedikit baking soda.

Sedangkan untuk sepatu seperti sneakers yang berbahan kain kanvas dan sejenisnya, kamu bisa membersihkan kotoran di bagian sol dengan pasta gigi tanpa campuran air. Jangan merendam sepatu terlalu lama di dalam air bersabun karena warna bisa luntur dan membuat sepatu cepat kusam warnanya.

Untuk membersihkan sepatu berbahan kanvas dan sejenisnya, pertama kamu harus mengeluarkan semua pasir dan kotoran yang ada di dalam sepatu sampai bersih menggunakan bantuan sikat sepatu yang lembut.

Selanjutnya, buatlah larutan sabun dan air yang cukup lembut. Kamu bisa menggunakan sedikit sabun cuci piring dengan air hangat untuk menyikat permukaan dan bagian dalam sepatu menggunakan sikat gigi yang lembut. Namun, jangan menyikat terlalu kuat, khususnya pada bagian kulit sintetis sepatu karena mudah terkelupas. Jika kotoran tampak sulit dibersihkan, kamu bisa menggunakan handuk yang lembut.

Jika sepatumu sangat kotor, kamu bisa mencampurkan larutan sabun dan air dengan setengah cangkir kecil white vinegar atau satu sendok makan baking soda. Diamkan terlebih dahulu larutan tersebut selama beberapa saat sebelum digunakan.

Untuk area sol sepatu, kamu bisa menggunakan pasta gigi atau odol tanpa mencampur dengan air untuk menghilangkan noda-noda yang sangat bandel.

Simpan Sepatu pada Rak Terbuka

Ketika merawat sepatu, kamu harus memperhatikan tips menyimpan sepatu yang benar. Kamu sebaiknya memilih rak sepatu yang terbuka, khususnya kalau kamu sering menggunakan sepatu tersebut.

Sepatu yang sering kamu pakai akan mudah lembab akibat kotoran dan keringat dari kamu. Dengan menyimpannya sepatu di rak terbuka, maka sepatu tersebut bisa mengalami sirkulasi udara lebih optimal dan meminimalisir tumbuhnya jamur yang bisa merusak sepatu dan menghasilkan bau tak sedap.

Namun, kalau kamu hanya memiliki rak sepatu yang tertutup, maka pastikan untuk membiarkan sepatu yang baru saja dipakai di ruang terbuka terlebih dahulu sebelum menyimpannya di rak tersebut supaya sepatu tetap mendapatkan sirkulasi udara yang baik.

Simpan Sepatu yang Jarang Digunakan dengan Silica Gel

Mungkin kamu memiliki beberapa koleksi sepatu, atau memiliki sepatu yang digunakan untuk keperluan-keperluan tertentu saja.

Untuk koleksi sepatu yang jarang kamu pakai, tips menyimpan sepatu yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan kotak penyimpanan khusus untuk sepatumu. Akan tetapi, jangan lupa untuk menambahkan silica gel di dalam kotak sepatu tersebut agar kelembapannya lebih terjaga.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kotak sepatu yang transparan atau menambahkan label pada setiap kotak untuk memudahkanmu saat mencari sepatu yang akan kamu pakai.

Jangan Simpan Sepatu dalam Keadaan Basah

Masih seputar tips menyimpan sepatu. Kondisi sepatu yang basah sangat mudah mendatangkan jamur dan bau yang tidak sedap. Maka dari itu, jangan pernah menyimpan sepatu yang masih basah ke dalam kotak atau rak sepatu.

Sebaiknya, kamu mengeringkan sepatu terlebih dahulu, seperti menjemur di bawah sinar matahari atau meletakkannya di luar ruangan sebelum penyimpanan sepatu tersebut.

Alangkah baiknya jika bisa dijemur di bawah sinar matahari langsung selama lebih kurang 20 menit. Menjaga kelembapan sepatu adalah cara yang paling efektif untuk mencegah agar sepatu tidak bau.

Jangan Menumpuk Sepatu

Masih banyak orang yang menyepelekan hal ini. Biasanya sepatu diletakkan di dalam rak dan ditindih atau ditimpa dengan sepatu lain sehingga sepatu menjadi bertumpuk. Alasannya sepele, karena ingin menghemat tempat penyimpanan, atau karena ingin menyimpan benda lain seperti sandal.

Tapi menumpuk sepatu bisa membuat perubahan bentuk pada sepatu tersebut. Sepatu dibuat dari beberapa bahan agar nyaman digunakan. Sebagian bahan ada yang keras dan ada pula yang tidak. Dengan menumpuk sepatu, beberapa bahan yang keras akan terlipat sehingga bentuk sepatu berubah dan pasti tidak lagi nyaman untuk digunakan.

Maka dari itu, hindari cara menyimpan sepatu dengan menumpuk karena sepatumu tidak akan awet.

Selalu Membersihkan Bagian Dalam Sepatu

Kaki yang sering berkeringat akan menyebabkan bau tidak sedap pada sepatu. Maka dari itu, usahakanlah untuk selalu membersihkan bagian dalam sepatu setelah dipakai. Kamu bisa membersihkan bagian dalam sepatu menggunakan alkohol, bedak anti jamur, ataupun tea tree oil yang sering dipakai untuk aromaterapi.

Selain itu, pastikan kamu memakai kaos kaki sebelum memakai sepatu agar keringat tidak langsung menempel pada bagian sepatu. Keringat yang menempel pada sepatu tidak hanya menimbulkan bau, tetapi juga akan mengikis sol bagian dalam sepatu.

Menggunakan Shoe Tree untuk Menjaga Bentuk Sepatu

Tips menyimpan sepatu selanjutnya yang perlu diingat adalah waspada ketika kamu menyimpan sepatu dalam waktu lama. Sebab, sepatu dapat mengalami perubahan bentuk. Biasanya, ketika kamu ambil dan pakai sepatu tersebut bisa menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Supaya bentuk sepatu kesayanganmu tidak berubah, maka kamu bisa menggunakan alat penyangga (shoe tree).

Shoe tree yang baik adalah yang berbahan kayu karena selain mempertahankan bentuk sepatu, juga dapat menyerap kelembapan pada sepatu. Jika kamu tidak memiliki shoe tree, kamu bisa menggunakan gumpalan tisu atau kertas koran sebagai alternatifnya.

Penanganan Khusus untuk Sepatu Kulit

Sepatu kulit memerlukan teknik perawatan yang berbeda dibandingkan dengan sepatu yang berbahan kanvas. Untuk menangani perawatannya, hindari menyimpan sepatu kulit di dalam plastik karena bisa menyebabkan warna sepatu menjadi pudar.

Selain itu, kamu juga harus menghindari juga cara pencucian sepatu kulit menggunakan sabun karena bisa membuat tekstur kulit menjadi rusak. Sebaiknya kamu menggunakan cairan pembersih khusus untuk sepatu kulit.