20
Jan

Tips Merapikan Barang di Tempat Penyimpanan Agar Lebih Rapi

Tips Merapikan Barang di Tempat Penyimpanan Agar Lebih Rapi

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorSekarang ini, sebagian besar tempat tinggal khususnya di kota besar memiliki ukuran yang terbatas. Hal ini seringkali menimbulkan masalah karena tidak cukupnya ruang untuk menampung banyaknya barang. Selain itu, minimnya pengetahuan dan kesadaran tentang pentingnya pengaturan perabot rumah tangga mengakibatkan orang cenderung menumpuk barang selama bertahun–tahun tanpa menyadari keberadaan barang tersebut.

Mengelompokkan Barang Berdasarkan Fungsi

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengelompokkan barang berdasarkan fungsinya. Letakkan barang-barang yang sudah dikelompokkan ke tempat tertentu yang sudah Anda siapkan sebelumnya, misalnya koleksi buku, alat tulis & dokumen yang tersusun rapi di meja kerja, atau barang lain sesuai dengan kelompoknya.

Jangan segan untuk memisahkan atau bahkan membuang barang yang Anda rasa sudah tidak diperlukan. Lakukan hal ini secara terus-menerus hingga menjadi kebiasaan Anda.

Membuat Pakaian Tersusun Rapi di Lemari

Banyaknya tumpukan pakaian di lemari baju kadang merepotkan. Dalam kurun waktu sebulan, ada saja pakaian baru yang masuk di lemari, sedangkan ruang di lemari sangat terbatas. Selain itu, Anda mungkin sering mendapati keadaan pakaian di lemari yang tak tertata rapi. Hal ini dikarenakan Anda meletakkan pakaian yang ingin dikenakan di bagian paling bawah, sehingga jadi berantakan saat mengambilnya.

Maka dari itu, Anda bisa menyusun pakaian sesuai model baju, misalnya tumpukan pertama adalah lipatan kemeja, kemudian kaos, jaket atau outer. Tumpukan ini masih bisa dipisah-pisah lagi sesuai skala prioritas Anda mengenakannya. Begitu juga untuk bawahan, Anda bisa memisahkan celana pendek, celana panjang, kemudian masih bisa dipisah lagi berdasarkan bahan.

Laci atau kotak penyimpanan di lemari bisa Anda gunakan untuk meletakkan pakaian dalam, kaos kaki, handuk kecil, sapu tangan dan aksesoris lainnya.

Merapikan Barang di Kamar Mandi dengan Rak Portable

Sabun, shampo, sikat gigi, pasta gigi, face wash, lulur dan produk perawatan saat mandi jangan diletakkan sembarangan di dalam kamar mandi. Anda bisa meletakkan rak portable yang biasanya ditempel di dinding untuk meletakkan barang-barang Anda tersebut.

Karena keadaan kamar mandi yang basah dan udara yang lembab membuat rak berlumut, jangan lupa membersihkan rak portable tersebut, ya?

Meja Rias Tertata Rapi

Produk skincare routine yang Anda gunakan setiap hari jangan sampai membuat meja rias Anda berantakan. Selalu biasakan diri meletakkan dengan rapi dan segera buang botol kemasan produk skincare routine yang sudah tidak terpakai/habis.

Sepatu dan Sandal Letakkan di Luar Kamar

Sepatu dan sandal sebaiknya diletakkan di luar kamar karena cukup memakan banyak ruang. Anda bisa membeli rak kecil 3 susun untuk meletakkan sepatu dan sandal. Anda bisa juga membeli rak yang digantung di dinding untuk menyimpan sepatu/sandal, tapi pertimbangkan estetika ruangan. Kadang rak seperti ini justru merusak keindahan ruangan.