24
Mar

Tips Sederhana Mengatasi Masalah Kondisi Rumah

Ketika melakukan renovasi atau sekedar mendekorasi ulang rumah, anda kadang menemukan masalah seputar kebocoran, langit-langit yang rember atau keretakan pada dinding rumah. Anda mungkin butuh bantuan dari para ahli untuk membenahinya. Tapi ada tips untuk mengatasi masalah-masalah seperti tadi dengan langkah-langkah yang sangat sederhana. Mari kita simak bersama!

Periksa Dinding yang Retak

Untuk mengatasinya, Anda dapat melepas cat yang mengelupas atau membersihkan debu dari permukaan yang keras, lalu gunakan pembersih dari bahan kimia untuk membersihkan area tersebut. Gunakan mortar untuk mengisi lubang atau retakan yang ada, kemudian ratakan permukaannya dengan serbuk pelapis dinding khusus, diikuti dengan cat anti air setelahnya. Untuk mendapatkan hasil terbaik, pastikan permukaan dinding yang telah dicat telah bersih, kering, dan kelembabannya di bawah 16%. Setelah itu, lapisi dinding dengan cat anti alkali, tunggu hingga kering, lalu tambahkan cat tahan air di atasnya.

Memeriksa Kebocoran

Di langit-langit seringkali kita menemukan ada banyak lumut, noda kekuningan, rembesan air, karena usia atap atau lantai yang sudah tua, retak, terbuka, atau tergenang dalam waktu yang lama. Untuk apartemen, jika terjadi kebocoran di langit-langit, biasanya berasal dari toilet atau drainase unit apartemen di lantai atas yang telah bocor atau rusak. Apabila langit-langit hanya berwarna kekuningan, Anda dapat menggunakan cat tahan air yang dapat cepat kering dalam waktu satu sampai dua jam.

Amblas

Cara memperkuat area-area yang beresiko tinggi untuk retak seperti di posisi kolom dinding dan sudut-sudut tepi pintu maupun jendela, adalah dengan memasang kawat jala. Pertama, oleskan tipis-tipis lapisan semen ke area yang akan Anda pasang kawat – pastikan semen tersebut cukup kuat untuk menahan kawat jala. Lalu, letakkan kawat jala di atas area tersebut dan oleskan sedikit minyak di atasnya. Terakhir, cat kembali dinding Anda hingga terlihat sempurna.

Menangani Keretakan pada Lantai

Seiring berjalannya waktu, jika ruangan di rumah telah berubah fungsi atau Anda membelah ruangan dengan membangun sekat yang didirikan langsung di atas lantai tanpa kolom penyangga, maka lama-kelamaan lantai akan mendapat beban berat secara terus-menerus, sehingga menyebabkan lantai bocor atau rusak.

Untuk memperbaikinya, Anda sebaiknya membongkar struktur dinding agar dapat membangun dinding yang menjadi sekat, dengan tambahan kolom di atas lantai sebelumnya.

Penguatan Sistem Drainase

Sistem drainase yang tidak baik merupakan penyebab plafon mudah rusak. Dalam beberapa kasus, noda pada dinding juga disebabkan oleh saluran air yang tersumbat. Penguatan sistem drainase dapat membuat hunian Anda lebih mampu menahan air dari bocor maupun rembes. Oleh karena itu, periksa dan gantilah pipa air yang sudah rusak dan jelek. Jangan lupa juga untuk selalu memeriksa pipa-pipa air setelah hujan deras, untuk menghindari terjadinya sumbatan.