01
Des

Trik Dekorasi Ruang Kantor Sempit Agar Tampak Lebih Lega

Trik Dekorasi Ruang Kantor Sempit Agar Tampak Lebih Lega

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorPenataan ruang punya pengaruh besar terhadap kenyamanan saat bekerja. Karenanya, dekorasi menjadi hal yang penting diperhatikan. Tak perlu risau jika ruangan kantor Anda tak cukup luas. Berikut beberapa tips mendesain ruang kantor yang sempit yang bisa Anda praktikkan agar atmosfer kerja makin kondusif. Berikut ini trik dekorasi ruang kantor sempir agar tapak lebih lega

Pemilihan Lampu untuk Pencahayaan Kantor

Lampu merupakan alat yang bisa kamu gunakan sebagai pencahayaan sekaligus dekorasi ruang kantor sempit. Untuk memilih karakter atau jenis lampu, kamu harus mengenal terlebih dahulu desain kantor. Untuk desain kantor modern minimalis dan desain kantor industrial minimalis, kamu bisa memilih lampu warm sebagai dekorasi. Sedangkan untuk desain kantor monokrom minimalis yang cocok adalah lampu gantung serba putih.

Adapun untuk desain yang lain, bisa kamu sesuai dengan keselarasan properti dan dekorasi lainnya. Misalnya untuk desain kantor pencahayaan alami, lampu tidak diperlukan untuk dekorasi, karena langsung mendapat pencahayaan dari luar.

Pengaturan Suhu untuk Dekorasi Kantor

Untuk beberapa desain kantor yang bersifat tertutup, khususnya kantor yang cukup sempit, dibutuhkan dekorasi yang berfungsi sebagai penyeimbang suhu ruangan seperti AC.

Berbeda untuk desain kantor yang bersifat natural atau alami, kamu bisa menggunakan ventilasi untuk sirkulasi udara yang cukup.

Warna Desain Kantor yang Sesuai

Teknik pewarnaan merupakan dekorasi yang lumrah dalam sebuah desain kantor, khususnya desain ruang kantor sempit. Dalam pemilihan warna juga harus memperhatikan desain yang diusung oleh ruangan. Misalnya, untuk desain kantor monokrom minimalis lebih cocok dengan warna dasar putih dan diselingi warna hitam. Desain monokrom minimalis paling cocok untuk ruang kantor yang sempit.

Namun, desain ruang kantor sempit dengan tema klasik dan vintage, sebaiknya menggunakan corak warna seperti abu-abu atau kuning tua. Dekorasi warna pada sebuah desain harus dipertimbangkan dengan sangat kreatif, karena dekorasi warna yang salah dapat membuat para karyawan menjadi jenuh. Perhatikan pewarnaan pada furniture yang tersedia di dalam ruangan seperti meja, kursi, lemari, laci, dan lain sebagainya.

Memilih Dekorasi Tanaman Hias

Tanaman hias cocok untuk segala bentuk dekorasi kantor, termasuk kantor yang ruangannya cukup sempit. Kamu bisa menggunakan tanaman hias dalam pot yang diletakkan pada tempat yang strategis, misalnya di sebelah jendela kaca atau pada sudut ruangan. Untuk desain kantor modern minimalis, kamu bisa menggunakan lebih banyak variasi tanaman, seperti bunga dalam pot gantung atau pot yang ditempelkan pada dinding. Desain ruangan yang mengusung desain kantor monokrom minimalis akan sangat cocok dengan beberapa tanaman bambu.

Perhatikan Tata Letak Barang dan Peralatan Kantor

Untuk ruang kantor yang sempit, sebaiknya dalam meletakkan barang dan peralatan kantor benar-benar cermat dan efektif. Peralatan kantor merupakan elemen utama dalam suatu ruang kerja untuk menjadi penunjang terlaksananya kegiatan kerja. Dalam ruang kantor kecil, pemilihan barang-barang dan peralatan harus diperhatikan secara khusus.

Kamu bisa memilih furniture yang minimalis dan diletakkan merapat ke arah dinding. Meja kantor, kursi, dan rak minimalis sebaiknya disusun dengan menempel pada dinding. Solusi lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan memilih rak yang berbentuk meningkat ke atas agar tidak mengambil banyak tempat. Intinya, untuk ruang kantor yang sempit, sebaiknya memilih barang-barang yang penting saja.

Menghilangkan Sekat Pembatas Ruangan

Banyak perusahaan menggunakan sekat pembatas dalam ruangan kerja. Namun, untuk ruang kantor kecil sekat pembatas justru akan membuat ruangan semakin sempit. Dengan membuang sekat pembatas, maka memungkinkan ruangan menjadi tampak lebih luas dan memaksimalkan dekorasi ruang kantor sempit.

Dekorasi Quotes untuk Penyemangat

dekorasi ruang kantor sempit

Secara umum, kantor pasti selalu menampilkan quotes yang inspiratif. Maka dari itu, kamu bisa membuat beberapa quotes untuk dipajang di ruang kantor yang sempit. Quotes akan berfungsi sebagai motivasi dan juga dekorasi ruangan.

Maka dari itu, buatlah quotes dengan kata-kata yang indah, desain tulisan yang bagus, dan tentunya memberikan arah semangat bekerja. Quotes tersebut bisa ditempelkan di salah satu sisi pintu, dinding, atau titik-titik lainnya yang memungkinkan dilihat oleh para karyawan.

Menggunakan Jendela dan Pintu yang Besar

Sering diabaikan, namun jendela dan pintu yang besar cukup efektif untuk ruang kantor yang sempit. Saat berada dalam ruangan yang kecil, pintu dan jendela selalu menjadi perhatian. Pintu merupakan tempat keluar dan masuk suatu ruangan dan jendela merupakan tempat masuknya sinar matahari sehingga ruangan tampak lebih terang.

Jika kantor tidak menggunakan pendingin ruangan (AC) jendela dapat dimanfaatkan sebagai tempat keluar masuk sirkulasi udara. Dalam ruang kantor yang sempit, sebaiknya kamu memilih jendela dan pintu dengan ukuran yang besar agar dapat memberikan kesan dan efek ruangan yang luas.

Dekorasi Hiasan Lainnya

Selain beberapa dekorasi di atas, masih banyak dekorasi-dekorasi yang akan membuat suasana baru di ruang kantor yang sempit. Kamu bisa mengganti jam dinding di kantor dengan motif yang sesuai dengan desain interior kantor. Selain itu, kamu bisa menggunakan beberapa kerajinan kreatif yang dapat digunakan seperti wadah tempat pensil atau alat tulis yang diletakkan di atas meja kerja.

Selain dekorasi-dekorasi tersebut, kamu juga perlu mengganti properti di perusahaan dengan sentuhan yang baru seperti meja, kursi, lemari brankas, serta furniture lainnya.

Meskipun ruangan kantor cukup kecil, tidak menutup kemungkinan untuk memiliki dekorasi ruang yang tetap modern dan mengandung unsur keindahan. Dekorasi tetap diperlukan untuk ruang kantor kecil. Namun, jangan paksakan untuk memilih dekorasi yang akan mengambil banyak ruang. Terlalu memaksakan tidak akan efektif meskipun properti yang dipilih sangat bagus. Sebaiknya pilih dekorasi berupa hiasan-hiasan yang dapat diletakkan di dinding atau di meja.

Dengan beberapa tips sederhana untuk dekorasi ruang kantor sempit di atas, kamu bisa mencoba membuat desain interior untuk ruangan kantor kecil yang nyaman namun tetap memiliki unsur keindahan. Penataan dekorasi interior yang tepat akan membuat kantor yang sempit terasa lebih luas. Suasana ruangan kantor akan sangat mempengaruhi psikologis dan kenyamanan para pekerja.