23
Okt

Unsur Wajib Untuk Menghasilkan Desain Taman Ala Jepang

Unsur Wajib Untuk Menghasilkan Desain Taman Ala Jepang

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorGaya arsitektur dan desain interior Jepang memang selalu menarik untuk dibahas. Konsepnya yang bernuansa minimalis tentu tak sulit diterapkan di negara tropis. Salah satu elemen hunian yang penting dan sedang menjadi tren adalah taman kering ala Jepang. Anda tak harus memiliki rumah berukuran luas bila ingin membuat taman kering ala Jepang. Yuk, ikuti saja tujuh tips dan trik sederhana berikut ini untuk menghasilkan taman yang menarik dan sesuai dengan kondisi rumah.

Elemen Air

6 Unsur Wajib Untuk Menghasilkan Desain Taman Ala Jepang

Elemen air di taman ala Jepang hadir berupa kolam ikan, air terjun mini, maupun sekadar pancuran bambu yang sederhana. Unsur air ini akan memberikan kesan teduh dan kesegaran pada taman. Air juga menjadi simbol pembaruan karena air yang mengalir terus menerus berganti dan gemerciknya membawa suasana yang tenang.

Batu-batuan

6 Unsur Wajib Untuk Menghasilkan Desain Taman Ala Jepang

Unsur berikutnya adalah bebatuan. Penempatan batu di taman Jepang memiliki aturan filosofis tersendiri, tergantung dari ukuran dan bentuknya. Batu-batu langka yang memiliki nilai jual tinggi juga kerap dijadikan elemen untuk mempercantik taman ala Jepang. Tapi secara sederhana, penggunaan material batu pada kolam, dan peletakan beberapa batu di beberapa sudut taman sudah cukup untuk menciptakan taman ala Jepang yang sederhana.

Pasir

6 Unsur Wajib Untuk Menghasilkan Desain Taman Ala Jepang

Selain batu, pasir juga jadi unsur taman Jepang yang tak boleh terlewatkan. Susunan batu diletakkan di hamparan pasir putih jadi ciri khas tersendiri pada taman ala Jepang. Pasir juga membantu penyerapan air pada taman sehingga terhindar dari risiko air menggenang ketika musim hujan tiba. Lengkapi pasir dengan stepping stone agar Anda lebih leluasa melangkah ketika berjalan di taman.

Lampu taman

6 Unsur Wajib Untuk Menghasilkan Desain Taman Ala Jepang

Taman ala Jepang biasanya dilengkapi lampu taman dengan kap yang khas. Kap lampu yang mirip rumah atau gazebo ala jepang ini pastinya akan membuat suasana Jepang makin terasa di taman. Anda bisa memesan kap lampu seperti ini secara khusus di penyedia jasa pembuat taman. Untuk desain lampu yang lebih sederhana dan hemat, Anda bisa meletakkan lampion-lampion untuk menerangi taman.

Pilihan Tanaman

6 Unsur Wajib Untuk Menghasilkan Desain Taman Ala Jepang

Bicara taman ala Jepang pasti tidak lepas dari tanaman khas Jepang yakni bonsai. Bonsai cemara, bonsai kamboja, dan beragam jenis bonsai lainnya bisa Anda pilih untuk menghijaukan taman. Kemudian letakkan cemara jepang sebagai pohon utama di taman. Terakhir, pada elemen air seperti kolam, Anda bisa meletakkan bunga teratai untuk mempercantik unsur air di taman.

Pelengkap Taman

6 Unsur Wajib Untuk Menghasilkan Desain Taman Ala Jepang

Bila ukuran taman cukup luas, Anda bisa melengkapi taman ala Jepang dengan jembatan kecil di kolam serta gazebo. Gazebo akan mempercantik taman sekaligus jadi tempat berteduh untuk menikmati pemandangan taman. Desain gazebo ala jepang tentunya mencerminkan desain rumah Jepang yang simpel dengan kayu sebagai material yang mendominasi. Desain gazebo lainnya yang bisa Anda coba adalah desain gazebo dengan atap ala istana Jepang yang dilengkapi warna-warni cerah serta ornamen khas Jepang lainnya.