18
Nov

Warna Kamar Tidur dapat Menentukan Kesehatan Psikologis

Warna Kamar Tidur dapat Menentukan Kesehatan Psikologis

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorSuasana kamar tidur harus dibuat senyaman mungkin agar pemilik kamar bisa tidur dengan nyenyak. Tahukah kamu bahwa warna cat kamar tidur yang baik akan menunjang istirahat kamu tiap harinya?Bicara soal warna cat kamar tidur yang baik, memahami arti warna dan efek psikologisnya pasti akan menjamin istirahat yang cukup. Pilih saja dari berbagai warna cat kamar tidur yang baik untuk kesehatan berikut.

Bagaimana Cara Memilih Warna Kamar Tidur?

1. Gunakan platform photo sharing seperti Instagram atau Pinterest untuk mencari inspirasi.

Berbagai konten inspiratif di internet dapat membantu Anda dalam menentukan tema kamar tidur, mulai dari minimalis, feminin, sampai ke rustic. Dengan fitur simpan (save) pada Instagram dan simpan di papan inspirasi (save to inspiration board) pada Pinterest, akan memudahkan Anda dalam memilih tema dan warna kamar.

2. Cocokkan warna kamar tidur dengan furnitur untuk tampilan yang senada.

Dalam menata kamar tidur, akan lebih mudah jika Anda mencocokkan warna dinding dengan furnitur yang sudah dimiliki, daripada harus membeli furnitur baru. Warna dinding yang tidak senada dengan furnitur dan dekorasi lain pada kamar tidur akan membuat suasana kamar tidur menjadi terkesan kacau dan ramai. Jika Anda memiliki furnitur putih, maka dapat memilih warna dinding abu-abu, biru muda, kuning muda, atau lavender untuk menciptakan suasana yang tenang. Sedangkan untuk furnitur cokelat, Anda bisa mempertimbangkan warna dinding cokelat muda.

3. Pertimbangkan ukuran kamar tidur dan suasana yang ingin diciptakan.

Untuk kamar tidur berukuran kecil, gunakan dua kombinasi warna pada dinding. Mengecat dinding dan memberi aksen pada salah satu sisi dinding kamar, seperti dinding belakang tempat tidur, dapat memberikan variasi dan efek dimensi yang lebih luas pada kamar. Lalu, untuk kamar tidur berukuran lebih besar, cobalah warna-warna gelap untuk menciptakan suasana yang lebih nyaman dan intim.

4. Fokus pada satu warna atau coba gabungkan dengan warna-warna turunan atau yang senada.

Anda dapat menggunakan satu warna saja untuk menciptakan suasana kamar yang tenang dan tidak terasa ‘berat’ di mata. Namun, menggabungkan satu warna dengan warna turunannya atau yang senada juga dapat menciptakan tampilan kamar yang unik. Jika kamar tidur Anda dilengkapi dengan ruangan lainnya seperti toilet atau walk in closet, tidak berarti warna cat di kamar tidur dan ruangan lainnya harus sama persis, tetapi mereka dapat saling melengkapi. Contohnya, dinding berwarna hijau olive dapat disandingkan dengan dinding berwarna kuning muda atau cream dan menaruh furnitur berwarna abu-abu juga dapat menyempurnakan tampilan kamar.

Arti Warna Kamar Tidur dalam Kesehatan Psikologis

1. Kamar Tidur Putih & Cream

Inspirasi Warna Kamar Tidur Putih - source: architecturaldigest.com

Putih dan warna turunannya seperti cream adalah warna netral yang mampu memberikan efek lapang pada ruangan. Warna putih dan krem juga dapat memantulkan cahaya sehingga membuat kamar tidur menjadi lebih cerah. Tidak hanya itu, warna putih dan cream dapat membuat suasana kamar menjadi lebih rileks dan hangat sehingga nyaman untuk mata terlebih kondisi psikologis seseorang. Warnanya yang netral juga mudah dikombinasikan dengan warna-warna lain yang Andasukai melalui pilihan furnitur dan dekorasi, sehingga tampilan kamar tidak terasa membosankan.

2. Kamar Tidur Abu-abu

Inspirasi Warna Kamar Tidur Abu-abu - source: dailydreamdecor.com

Warna abu-abu yang simple dan netral dapat Anda gunakan jika ingin memiliki kamar tidur dengan nuansa minimalis modern. Pilihlah furnitur dan dekorasi ruangan dengan warna senada agar kamar tidur memiliki kesan yang teduh dan menenangkan.

3. Kamar Tidur Biru Langit

Inspirasi Warna Kamar Tidur Biru Langit - source: diynetwork.com

Menurut sebagian besar penelitian membuktikan jika nuansa biru pada kamar tidur dapat menciptakan nuansa yang menenangkan serta meningkatkan kualitas tidur seseorang. Warna biru juga dipercaya dapat memperlambat detak jantung dan bahkan mengurangi tekanan darah, sehingga sangat cocok sebagai tempat relaksasi apalagi yang beraktivitas tinggi. Penggunaan warna biru muda yang mencerminkan warna langit juga dapat memberikan efek yang luas pada kamar tidur. Jika ingin memunculkan gradasi, warna lain yang cocok dikombinasikan dengan warna biru adalah warna kuning gading dan putih.

4. Kamar Tidur Hijau (Mint, Aqua, Olive)

Inspirasi Warna Kamar Tidur Hijau - source: architecturaldigest.com
Inspirasi Warna Kamar Tidur Hijau – source: architecturaldigest.com

Warna hijau identik dengan warna alam sehingga dengan mengaplikasikannya pada warna kamar dapat memberikan suasana yang nyaman, tenang, dan santai. Membawa elemen alami lainnya seperti furnitur kayu dapat menambah suasana yang alami. Warna-warna hijau yang unik seperti mint, aqua, dan olive adalah beberapa pilihan yang dapat Teman Narasi pertimbangkan. Untuk tampilan kamar yang lebih segar, Teman Narasi dapat menggunakan warna abu-abu untuk sisi dinding lainnya atau pada perabot dan dekorasi.

5. Kamar Tidur Kuning Muda (French Vanilla)

Inspirasi Warna Kamar Tidur Kuning - source: dicasnaturais.com
Inspirasi Warna Kamar Tidur Kuning – source: dicasnaturais.com

Menggunakan warna kuning muda pada dinding kamar adalah pilihan yang baik karena warna kuning dapat menciptakan suasana yang menyenangkan. Suasana hati Teman Narasi juga dapat menjadi lebih riang. Warnanya yang cerah juga dapat membantu memberikan semangat ketika bangun di pagi hari. Warna kuning juga dapat meningkatkan dimensi ruangan secara visual, sehingga baik untuk kamar yang berukuran kecil. Padukan juga dengan warna-warna alam lainnya dalam pemilihan furnitur dan dekorasi seperti lampu tidur keramik berwarna hijau rumput atau bed side table berwarna putih.

6. Kamar Tidur Ungu Muda (Lavender)

Inspirasi Warna Kamar Tidur Ungu Muda - source: homedit.com
Inspirasi Warna Kamar Tidur Ungu Muda – source: homedit.com

Terdapat beberapa unsur positif jika Teman Narasi memilih warna ungu muda atau lavender untuk warna kamar tidur. Warna ungu melambangkan unsur spiritual yang dapat memberikan efek menenangkan untuk pikiran. Warna ungu juga dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi seseorang. Untuk memberikan sentuhan unik pada kamar berwarna ungu, Teman Narasi dapat menyandingkannya dengan warna turquoise, sapphire blue, dan merah tua.

7. Kamar Tidur Hitam

Inspirasi Warna Kamar Tidur Hitam - source: architecturaldigest.com
Inspirasi Warna Kamar Tidur Hitam – source: architecturaldigest.com

Warna yang satu ini mungkin bukan pilihan yang umum bagi sebagian orang. Namun, warna hitam dapat menciptakan suasana kamar tidur yang modern dan berkelas. Dinding berwarna gelap seperti hitam ini juga dapat membuat Teman Narasi lebih nyaman dan membantu untuk lebih mudah tidur karena warna hitam identik dengan suasana malam hari. Jika warna hitam pekat terlalu mendominasi, Teman Narasi dapat menggunakan warna abu-abu untuk sisi lain pada ruangan. Selain itu, furnitur dan dekorasi minimalis berwarna putih, abu-abu, dan emas juga dapat mengurangi dominasi warna hitam pada kamar.

Setelah melihat beberapa rekomendasi warna kamar tidur di atas, apakah Teman Narasi sudah terbayang warna apa yang pas untuk kamar tidur idaman?

Selamat berkreasi Teman Narasi!

Penulis: Kezia Mariska
Editor: Brigita Diva
Source: Dari berbagai sumber